Kekuatan global otomatis merencanakan respons terhadap ancaman tarif otomatis Trump

Kanada, Uni Eropa, Jepang, Meksiko dan Korea Selatan akan bertemu di Jenewa minggu depan untuk membahas bagaimana menanggapi ancaman oleh Presiden AS Donald Trump untuk mengenakan tarif atas impor suku cadang mobil dan mobil AS, Para pejabat yang akrab dengan pembicaraan itu mengatakan.

Administrasi Trump mendapat kecaman keras dari pembuat mobil, pemerintah asing, dan lainnya karena menganggap tarif hingga 25 persen, kritik retribusi memperingatkan akan menaikkan biaya kendaraan, melukai penjualan mobil dan pekerjaan industri global.

Beberapa kekuatan manufaktur otomotif telah berbicara satu sama lain dalam beberapa hari terakhir tentang ketakutan mereka dan kemungkinan respon terkoordinasi terhadap penyelidikan Trump “Section 232”, yang ia pesan pada 23 Mei, ke apakah impor otomotif merupakan ancaman terhadap keamanan AS, kata sumber.

Probe bisa selesai dalam beberapa minggu, meskipun yang serupa memesan tahun lalu yang menyebabkan tarif 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk aluminium membutuhkan waktu sekitar 10 bulan. Departemen Perdagangan memiliki 270 hari untuk menawarkan rekomendasi kepada presiden setelah penyelidikan semacam itu dimulai. Dia kemudian memiliki 90 hari untuk bertindak atas mereka.

Tidak segera jelas respon seperti apa yang dapat dilihat oleh negara-negara, meskipun Kanada, Uni Eropa dan Meksiko membalas dengan tarif mereka sendiri setelah Trump memberlakukan retribusi impor baja dan aluminium pada bulan Maret. Pilihan lainnya adalah melawan Amerika Serikat di World Trade Organization (WTO).

Wakil menteri akan berkumpul di Jenewa pada 31 Juli untuk mendengar pandangan satu sama lain, seorang pejabat Kanada dan seorang pejabat Meksiko mengatakan kepada Reuters, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

“Pertemuan itu dimaksudkan untuk menyatukan negara-negara produsen mobil utama sehingga kami dapat mendiskusikan keprihatinan kami atas investigasi Bagian dan Bagian Perdagangan Departemen Perdagangan AS,” kata pejabat pemerintah Kanada.

Kementerian ekonomi Meksiko mengkonfirmasi Wakil Menteri Ekonomi Juan Carlos Baker akan melakukan perjalanan ke Jenewa untuk “rapat kerja tentang beberapa mata pelajaran,” termasuk bertemu dengan Ketua Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo. Kementerian luar negeri Kanada menolak berkomentar.

Menurut situs web WTO, Azevedo akan bertemu Baker pada hari Senin, diikuti oleh Wakil Menteri Perdagangan Kanada Timothy Sargent dan Deputi Senior Deplu Jepang Kazuyuki Yamazaki pada hari Selasa. Pejabat Meksiko mengatakan pertemuan itu terkait dengan masalah tarif otomatis.

Tarif akhirnya pada mobil bisa memukul perusahaan termasuk Korea Hyundai Motor Co, Jepang Toyota Motor Corp dan BMW Jerman, serta pabrik global untuk merek AS General Motors Co, Ford Motor Co, dan Fiat Chrysler Automobiles NV.

Kesepakatan Trump pada hari Rabu untuk menahan diri dari mengenakan tarif mobil di Uni Eropa sebagai imbalan untuk mengurangi hambatan perdagangan untuk produk AS telah membantu mendinginkan kekhawatiran perang perdagangan, tetapi keputusan terakhirnya tidak akan diketahui sampai penyelidikan keamanan disimpulkan dalam beberapa bulan mendatang.

Para pembuat mobil AS menurunkan prediksi laba setahun penuh mereka pada Rabu karena friksi perdagangan, dan saham mereka jatuh karena para investor bertaruh bahwa perselisihan akan merugikan margin dan penjualan.

Meskipun harapan akan terobosan dalam pembicaraan perdagangan AS-UE mendorong pembuat mobil pada hari Kamis, pertemuan yang direncanakan adalah tanda bahwa negara-negara penghasil mobil ingin bersiap untuk yang terburuk.

PERDAGANGAN YANG DIKELOLA
Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengemukakan perlunya “kerja sama oleh negara-negara berkepentingan besar” mengenai penyelidikan otomatis AS selama pertemuan di Ottawa dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan Kim Hyun-chong pekan lalu, kata kementerian Korea Selatan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan.

Dalam sebuah tur yang juga mengambil di Amerika Serikat, Kim menyinggung gagasan bekerja sama untuk menghadapi tarif pada pertemuan blok perdagangan Pacific Alliance di Meksiko pada hari Senin, kata pejabat Meksiko lainnya dan seorang diplomat dengan pengetahuan tentang masalah ini, meminta tetap anonim karena mereka tidak berwenang untuk membicarakannya.

Pejabat yang dikonsultasikan oleh Reuters di Kanada, Meksiko, dan Korea Selatan semuanya mengatakan diskusi semacam itu masih dalam tahap pendahuluan, dengan pejabat Kanada lain yang mencirikan mereka sebagai membandingkan catatan tentang keadaan pelaksanaan investigasi tarif, daripada membahas reaksi terkoordinasi secara rinci.

“Kami telah memeriksa dan mendengarkan sikap masing-masing. Namun, karena pemeriksaan tarif otomatis masih berlangsung, sulit untuk mengetahui bagaimana hal-hal akan berubah pada tahap ini, ”kata seorang pejabat kementerian perdagangan Korea Selatan yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

“(Probe) hasilnya harus keluar dulu untuk bekerja pada respon bersama,” kata pejabat itu.

Kanada khawatir Korea Selatan dapat mencapai pengecualian yang akan memberikan keunggulan kompetitif, kata diplomat itu, setelah negara Asia menerima kuota pada ekspor baja dengan imbalan pembebasan dari tarif logam yang melanda Kanada, Meksiko dan sekutu lainnya.

Ahn Dukgeun, seorang profesor Universitas Nasional Seoul yang memberi nasihat kepada pemerintah tentang masalah perdagangan, mengatakan bahwa pemerintah Korea Selatan terbagi atas apa saja yang harus diambil.

“Korea Selatan berada di persimpangan jalan,” katanya, tentang apakah “memperdalam perdagangan yang dikelola” dengan Amerika Serikat atau menjadi keras, seperti mengeluh kepada WTO dan menggunakan tarif pembalasan.

Karena berbagai peraturan domestik tentang pembalasan tarif, koordinasi tindakan apa pun antara beberapa negara “dengan cepat menjadi sangat sulit,” kata diplomat itu.

“Idenya adalah bahwa kami ingin tahu bahwa jika kami pergi ke WTO, jika kami menggunakan NAFTA (Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara) dalam kasus kami atau jika kami membalas,” mitra kami akan melakukan hal yang sama, kata diplomat itu.

Percakapan lebih intens dari sebelumnya tarif baja dan aluminium, diplomat dan pejabat Kanada mengatakan. Salah satu alasannya mungkin bahwa negara-negara sekarang tahu Trump tidak ragu-ragu untuk menarik pemicu pada tarif.

Lain adalah bobot ekonomi industri otomotif. Amerika Serikat mengimpor $ 173 miliar mobil dan $ 70 miliar suku cadang mobil pada tahun 2016, dibandingkan dengan $ 21 miliar baja.

Pelaporan tambahan oleh Frank Jack Daniel dan Adriana Barrera di Kota Meksiko, Hyunjoo Jin dan Soyoung Kim di Seoul; Menulis oleh Frank Jack Daniel; Editing oleh Richard Chang